Senin, 02 Januari 2012

Kalimat Pasif dan Transformasinya: Present Sedang


Bentuk kalimat pasif untuk pola present sedang cukup unik. Sebagaimana ciri utama kalimat pasif, yaitu adanya verba be dan kata kerja past participle (VIII), maka kalimat pasif pola ini juga memiliki ciri yang sama. Akan tetapi ada tambahan kata yang disisipkan di antara verba be dan kata kerjanya, yaitu “being“. Kata tambahan ini menunjukkan ciri utama kalimat pola present sedang, yakni menyatakan sesuatu sedang terjadi atau sedang dilakukan. Jadi adanya verba be diikuti kata “being” memiliki arti “sedang”. Sementara verba be dan kata kerja past participle-nya menunjukkan bentuk pasif.

Berikut ini contoh-contoh kalimat pasif berpola present sedang diikuti dengan penjelasannya:

1.  Mobil kami sedang diperbaiki. (= Our car is being repaired.)
Munculnya kata “is” dan “being” pada kalimat di atas menunjukkan bahwa kalimat tersebut berpola present sedang. Sedangkan kata “is” dan “repaired” (dari kata “repair“) menunjukkan bahwa kalimat tersebut pasif.

2.  Buku itu sedang dibaca oleh Santi. (= The books are being read by Santi.)
Kata “by” pada kalimat di atas merupakan ciri lain dari kalimat pasif. Kata “by” ini biasanya diikuti oleh si pelaku, yang dalam bahasa Indonesia berarti “oleh”.

Untuk membuat kalimat pasif dalam bentuk negatif maupun interogatif tidak juga terlalu sulit. Caranya sama dengan menyusun bentuk transformasi kalimat verba pada umumnya. Dalam membuat kalimat negatif di sini, kita tinggal menambahkan “not” setelah verba be. Dan untuk kalimat interogatif sendiri, verba be diletakkan pada awal kalimat sebelum subyek. Berikut ini contoh kalimat negatif dan interogatif dari contoh-contoh kalimat sebelumnya. Kalimat negatif ditandai dengan [-], sedangkan kalimat interogatif dengan tanda [?].

[-] Mobil kami tidak sedang diperbaiki. (= Our car is not being repaired.)
[?]  Apakah mobilmu sedang diperbaiki? (= Is your car being repaired?)


[-]  Buku itu tidak sedang dibaca Santi. (= The book is not being read by Santi.)
[?]  Apakah buku itu sedang dibaca Santi? (= Is the book being read by Santi.)

by :http://englishterminal.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar