Minggu, 08 Januari 2012

Kata Ganti Orang (Personal Pronouns)

Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris pun mengenal tiga bentuk kata ganti orang (personal pronoun), yaitu: kata ganti orang pertama (the first person), kata ganti orang kedua (the second person), dan kata ganti orang ketiga (the third person). Yang dimaksud dengan kata ganti orang pertama (the first person) adalah si pembicara. Oleh karena itu dalam bahasa Inggris sering juga disebut sebagai the speaker. Kata ganti ini mempunyai dua bentuk, yakni:

1.. Kata ganti orang pertama tunggal, yaitu I (=aku).
2.. Kata ganti orang pertama jamak, yaitu we (=kami / kita ).

Sedangkan yang dimaksud kata ganti orang kedua (the second person) adalah orang yang diajak bicara, misalnya you. You di sini bisa berarti tunggal (singular) maupun jamak (plural). Jika berbentuk tunggal, you berarti “kamu”; jika berbentuk jamak, you berarti “kalian”.

Kata ganti orang pada bahasa Indonesia tidak begitu sulit penggunaannya dalam kalimat, karena tidak mengalami perubahan besar dalam menduduki subyek dan obyek. Lain halnya dengan kata ganti orang dalam bahasa Inggris yang mengalami perubahan besar dari subyek menjadi obyek, begitu sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar